Senin, 07 April 2014

Variasi Latihan di Malam Hari Adalah Kunci Kemenangan Everton atas Arsenal

Variasi Latihan di Malam Hari Adalah Kunci Kemenangan Everton atas Arsenal
Agen Casino - Pada laga hari Minggu (6/04/2014), Everton berhasil membantai Arsenal 3-0. Ini kemenangan keenam berturut-turut, setelah sebelumnya kalah melawan Chelsea pada pekan ke-27 di Liga Premier. Kemenangan itu membuat hati Roberto Martinez berseri-ria keriangan. Betapa tidak, sekali lagi ia bersama timnya bisa membungkam permainan kubu Arsenal. Kemenangan itu dilukiskan oleh Martinez sebagai kemenangan sempurna. Semuanya itu disebabkan para pemain menjaga konsentrasi dan kesadaran ketika bermain dilapangan hijau. 

“Kami bermain sangat sempurna dalam setiap pertandingan. Saya pikir pemain kami sangat kompak. Pertahanan juga sangat bagus. Yang lebih utama adalah kesadaran taktis para pemain sangat mengagumkan”.

“Saya pikir bahwa cara kami menghancurkan pertahanan lawan dengan serangan balik membuktikan bahwa kami merupakan ancaman nyata bagi pihak musuh. Saat itu, ketiga pemain kami sudah melaju di depan dengan kecepatan tinggi seperti sengatan listrik”.

“Kami berhasil mengatur permainan, membersihkan rintangan yang ada dan mengatasi ancaman musuh. Hasilnya sangat menyenangkan karena kami berhasil melakukan itu semua”.

“Saya pikir anda ingin menjadi diri sendiri, tapi bagaimanapun juga pujian itu istimewa buat saya”.

“Kami akan tetap berusaha dan bekerja keras dan mencoba untuk memaksimalkan potensi kami. Kompetisi ini luar biasa dan sikap pemain kami juga sangat fantastis”.

Martinez juga tidak lupa mengucapkan terima kasih terhadap para fans dan suporter Everton. Dengan dukungan mereka, semangat pemain Everton meningkat. Hal itu telah dibuktikan lewat pertandingan melawan Arsenal yang pernah dikenal sebagai tim raksasa sepakbola dunia.

“Itu tidak terlihat mendramatisir. Sebelum pertandingan dimulai saya pernah katakan bahwa apa pun yang terjadi masih tersisa 18 poin untuk diperjuangkan”.

“Hal yang penting untuk tim kami adalah merevitalisasi diri untuk menghadapi lawan pada hari Sabtu mendatang (12/04/2014). Pertandingan hari Sabtu mendatang merupakan salah satu pertandingan akbar buat kami. Adalah juga penting bahwa pemain kami tidak kehilangan konsentrasi dan kontrol diri. Semua pemain akan mendapatkan rekreasi agar mereka bisa tampil lebih siap sehingga performa mereka maksimal”.

Kemenangan Everton tidak lepas dari cara latihan yang penuh disiplin yang diterapkan oleh Martinez kepada timnya. Banyak orang berpendapat bahwa seorang pemain harus memiliki setidaknya 8 jam untuk istirahat di malam hari. Martinez membuktikan bahwa latihannya tidak akan membawa efek capek bagi fisik pemain yang tidur kurang 8 jam di malam hari. Dia membangun daya tempur dan stamina skuadnya pada variasi jam latihan. Strategi dan teknik latihan semacam ini juga pernah dikomentari oleh salah satu mantan pemain Everton, Kevin Kilbane. Namun melihat hasil telak yang didapat oleh Everton, Kilbane mengakui bahwa teknik Martinez itu cukup berhasil diterapkan pada pemain. Kilbane mengatakan kepada BBC Sport bahwa Martinez memiliki cara pelatihan yang aneh dan radikal. Sistem pelatihan yang aneh ini ternyata menunjukkan hasil yang bagus dilapangan. Inilah kunci kesuksesan Martinez.

“Saya pernah berbincang-bincang dengan Roberto dan sejumlah pemain seputar topik latihan. Saya menanyakan kepada Roberto tentang jam latihan yang suka diubah-ubah. Dia (Roberto) mengatakan kepada saya bahwa dia melakukan itu sebagai variasi latihan. Kadang ia mengubah jam 3 sore menjadi jam 3 subuh”.

“Selama pra-musim, Roberto mewajibkan para pemain untuk melakukan latihan di malam hari. Ia pernah mengatakan kepada saya bahwa hal terpenting tentang latihan adalah para pemain mau ikut bekerja sama dengan cara saya. Saya menjelaskan kepada para pemain mengapa saya melakukan variasi waktu latihan. Dia mengatakan bahwa semua latihan berkaitan dengan pertandingan. Dengan waktu latihan bervariasi itu, setidaknya para pemain memiliki 48 jam untuk melakukan pemulihan”.

“Meski hal itu terlihat aneh dan radikal bagi saya karena mengubah kebiasaan para pemain, tetapi saya melihat para pemain setuju dengan dia (Roberto). Para pemain juga enggan untuk mengubah jam latihan. Mungkin itu adalah resiko ketika mereka bergabung dengan klub ini dan akhirnya yang mereka dapatkan dilapangan adalah kesuksesan”. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar