Selasa, 08 April 2014

Cellino Menang Gugatan Terhadap Dewan Sepakbola Inggris

Cellino Menang Gugatan Terhadap Dewan Sepakbola Inggris
Agen Casino - Kisruh pengalihan hak milik ke tangan, Massimo Cellino sebagai pemilik baru, menuai kontroversi dari Liga Sepakbola Inggris. Liga Sepakbola Inggris mengeluarkan larangan atas pengalihan hak tersebut karena Cellino memiliki catatan kriminal di negaranya. Di media Italia, Cellino pernah dikabarkan ditangkap bersama walikota Quartu Sant’Elena Mauro Contini dan komisaris Pekerjaan Umum Stefano Lilliu pada Februari 2013. Tudingan terhadap Cellino waktu itu adalah penggelapan dan penipuan dana untuk pembangunan stadion Is Arenas. Ia ditahan di penjara Buoncammino selama dua minggu. Selain itu juga, Cellino dikabarkan pernah menipu mentri Pertanian Italia sebanyak 7,5 juta poundsterling pada tahun 1996. Ditambah pula tuduhan pembukuan ganda di Cagliari pada tahun 2001. Beberapa catatan kriminal ini membuat reputasi Cellino kurang dipercaya dan tidak lulus fit serta proper test dalam pembelian klub Leeds United. Berdasarkan aturan Liga Sepakbola Inggris, penggelapan pajak termasuk tindakan tidak jujur. Karena itu, Dewan Liga Sepakbola Inggris mendiskualifikasi Cellino dalam pembelian hak kepemilikan Leeds United.

 Belum lama ini ketidakjelasan status pemilik Leeds United terselesaikan di mana permohonan naik banding Cellino terhadap putusan pengadilan Sardinia yang dinilai olehnya berat sebelah dikabulkan Tim Kerr. Tim Kerr yang adalah salah satu hakim di QC meluluskan permohonan naik banding Cellino. Kerr menilai bahwa Liga Sepakbola Inggris salah menuduh Cellino melakukan tindakan kurang jujur. Kesalahan Liga Sepakbola Inggris dikarenakan mereka tidak membaca hasil putusan tertulis terakhir  pengadilan Cagliari, Italia. Menurut Kerr, tindakan penggelapan pajak dapat dikategorikan sebagai ketidakjujuran, tetapi dalam ranah hukum Italia bahwa seseorang dapat dihukum juga karena gagal membayar pajak tanpa harus melakukan tindakan tidak jujur. Karena itu, Kerr memenangkan Cellino dalam perkara banding pengalihan hak milik Leeds United. Kemenangan Cellino memberikan kejelasan status dan masa depan Leeds United. Cellino membeli klub Leeds dengan harga 11 juta poundsterling ditambah 23 juta poundsterling untuk membayar utang Gulf Finance House of Bahrain.

Di satu sisi, masuknya Cellino sebagai pemilik baru Leeds United memberikan angin segar bagi klub dan para pemain karena akan ada dana segar yang diinvestasikan untuk perekrutan. Di sisi lain, Cellino menjadi ancaman bagi pelatih Leeds, Brian McDermott. Cellino melihat Leeds dibawah kepemimpinan McDermott tidak mengalami kemajuan sama sekali. Di bawah kepemimpinan McDermott, Leeds kalah 7 kali dari 8 pertandingan terakhir. Ternyata penyebab kekalahan itu adanya masalah manajemen di klub Leeds di mana gaji para pemain belum dibayar penuh sampai bulan Maret 2014 ini.

Sebelumnya Cellino ingin memecat McDermott sebagai pelatih, tetapi keinginannya mendapat hambatan dari para suporter McDermott. Akhirnya Cellino membatalkan niatnya dan akan memberlakukan sanksi dan disiplin untuk McDermott jika ia tidak memperlihatkan kemajuan bagi klub Leeds di masa mendatang.

“Mengapa saya harus memecat dia untuk membuang-buang uang semata? Saya pikir dia harus mampu membuktikan bahwa dia pelatih yang bertanggungjawab”.

“Saya mendengar banyak masalah dan keluhan tentang dia terhadap tim, jual-beli pemain, tetapi sekarang kita akan menyelesaikan masalah itu”.

“Kami akan membayar upah pemain dan dia sekarang mendapat seorang ketua baru yaitu Massimo Cellino yang akan mewakili perusahaan Italia. Klub ini bukan bank fiktif atau perusahaan fiktif di Saudi Arabia atau di tempat lain. Itu saja”.

“Sebelumnya saya mendengar klub ini selalu mempunyai masalah dalam setiap pertandingan. Tidak ada perusahaan. Tidak memiliki ketua...Oke, mari kita bermain sekarang dan mari kita lihat esok hari. Mari kita memulai permainan baru”.
Bagaimana dengan reaksi McDermott melihat bos baru Leeds United? McDermott menyatakan dirinya akan bekerjasama dengan Cellino sejauh Cellino menepati janjinya untuk memperhatikan kesejahteraan klub, pelatih dan pemain. Menurut McDermott, selama ini mereka tidak memperoleh hal tersebut dari pemilik lama Leeds. Mcdermott juga berharap dibawah Cellino, klub Leeds mampu mencapai kemajuan yang signifikan di kancah sepakbola Inggris.

“Saya akan bekerja sama dengan Massimo, tetapi itu adalah hak prerogatif setiap pemilik untuk memilih pelatih yang bisa bekerja sama dengannya”.

“Kami harus menunggu dan melihat. Dari apa yang saya lihat dan ketahui, Cellino adalah seorang pemimpin yang memiliki kekuatan finansial yang mana tidak dipunyai oleh pemilik lama klub Leeds”.

Hal ini juga diakui oleh direktur keuangan Leeds, David Haigh. Ia mengatakan bahwa di antara banyak investor yang telah ditemui hanya Massimo yang memiliki kualifikasi tersebut. Ditambah pula reputasi Massimo cukup bagus di mata rakyat Italia. Massimo juga memiliki tekad dan komitmen untuk mendukung kemajuan klub Leeds.

“Saya telah bertemu dengan banyak calon investor yang berpotensi dan pernah juga bekerja sama dengan mereka. Namun saya menyadari bahwa diantara mereka semua, hanya Massimo seorang yang memiliki kapasitas itu untuk menjadi pemilik baru Leeds”.


“Cellino telah membuktikan reputasinya di Italia. Saya percaya lewat perkenalan dengan Eleonora Sport dan dorongan serta tekad Massimo bahwa klub Leeds akan menjadi salah satu klub papan atas di masa mendatang. Inilah modal kesuksesan yang kami harapkan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar